Implementasi Algoritma

Selamat Pagi

Saya Ni Made Ria Rolina dengan NIM : 6706170026 dari prodi D3 Teknik Informatika kelas 03. Saya akan membahas pengertian dari Interpreter, Compiler, dan Programming Paradigm.

  • Pengertian Interpreter

Interpreter adalah Perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program (yang ditulis oleh programmer) lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin melakukan instruksi yang diminta oleh programmer tersebut. Perintah-perintah yang dibuat oleh programmer tersebut dieksekusi baris demi baris, sambil mengikuti logika yang terdapat di dalam kode tersebut. Interpreter atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Juru Bahasa berbeda dengan Translator atau penterjemah dalam segi media yang dipakai untuk menerjemahkan. Interpreter akan menerjemahkan bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran secara langsung atau orally sementara translator akan menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran secara tertulis.

  • Pengertian Compiler

Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) kedalam bahasa objek (obyek code). Compiler menggabungkan keseluruhan bahasa program, mengumpulkannya dan kemudian menyusunnya kembali. Komplier memerlukan waktu untuk membuat suatu program dapat di eksekusi oleh computer, program yang dieksekusi oleh compiler adalah dapat berjalan lebih cepat dibanding program yang diproduksi oleh interpreter, disamping itu juga bersifat independen. Contoh program yang menggunakan compiler adalah Visual Basic, Visual Delvi, dan Pascal. Disamping program translasi, compiler juga mempunyai beberapa fungsi penting, seperti diagnostik, contohnya kemampuan pendeteksian error atau kesalahan. Pelanggaran spesifikasi HLL akan terdeteksi dan dilaporkan kepada programmer oleh compiler agar segera diperbaiki hingga mempermudah pembentukan machine language equivalent.

  • Pengertian Programming Paradigm

Paradigma pemrograman adalah suatu sudut pandang dalam dunia pemrograman dan menjadi suatu pendekatan khusus dalam memecahkan suatu persoalan dalam menyelesaian masalah pemrograman. Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berpikir seseorang, mengarahkannya terhadap beberapa atribut dan mengabaikan atribut lain, sehingga paradigma hanya memberikan pandangan yang terbatas terhadap sebuah realitas.

Screenshot (1)

Screenshot (2)

Terima kasih 🙂

sumber :

http://www.infomugi.com/2013/04/pengertian-compiler-interpreter.html

http://endimulyadi210.blogspot.co.id/

http://resumemti.blogspot.co.id/2015/03/paradigma-bahasa-pemrograman.html

Paradigma Pemrograman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *